Rabu, 22 Februari 2017

Novel dilan

Novel ini di tulis oleh seorang seniman yang punya banyak kelebihan. Selain sebagai seorang musisi dan pencipta lagu, ia juga seorang penulis, ilustrator, pengajar dan komikus.Namanya Pidi Baiq, ia mengaku imigran dari surga yang diselundupkan ke Bumi oleh ayahnya di Kamar Pengantin dan tegang.

Novel ini menceritakan tentang seorang wanita yang bernama Milea yang menceritakan kisah hidupnya saat dia sedang menginjak bangku SMA di salah satu SMA di kota Bandung. Saat malam hari menunggu suaminya pulang ia menulis kisahnya yang sangat membuat iri para remaja-remaja yang membacanya. Ah begitu indah kisah Milea dengan Dilan pada tahun 1990. Dilan adalah laki-laki yang menyukai Milea pada pandangan pertama saat Milea pindah sekolah dari Jakarta ke Bandung yang merupakan sekolah Dilan. Berbagai cara unik dilakukan Dilan untuk mendekati Milea yang caranya sangat berbeda apabila dibandingkan dengan laki-laki lain. Milea yang merupakan anak baru di sekolah Dilan awalnya merasa aneh terhadap Dilan, tetapi seiring berjalannya waktu Milea jatuh cinta!

Pidi Baiq menulis novel ini dengan menggunakan bahasa sehari-hari yang mudah dipahami oleh pembaca. Bahasanya sangat ringan, santai, dan penuh humor adalah salah satu kelebihan dalam novel ini. Pemilihan katanya juga tepat yang dapat membawa suasana pembaca ikut ke dalam cerita sehingga merasa iri dengan kisah Dilan dan Milea. Tingkah-tingkah dilan yang dituangkan kedalam bentuk-bentuk percakapan juga mampu membuat pembaca tersenyum-senyum sendiri, seperti berikut ini :

Dilan mendekati Milea dengan cara yang tidak biasa, mungkin itu yang membuat Milea selalu memikirkannya. Dilan memberikan coklat kepada Milea melalui tukang pos, Dilan membawa Bi Asih untuk memijiti Milea saat sedang sakit, Dilan memberikan hadiah Teka Teki Silang pada Milea sebagai hadiah ulang tahun dengan sebuah tulisan “SELAMAT ULANG TAHUN, MILEA.INI HADIAH UNTUKMU, CUMA TTS. TAPI SUDAH KUISI SEMUA. AKU SAYANG KAMU. AKU TIDAK MAU KAMU PUSING KARENA HARUS MENGISINYA. DILAN”

Dengan membaca novel ini akan membawa pembaca ke romantisme percintaan di masa-masa SMA yang tentu saja akan mampu membuat kamu senyum-senyum sendiri.


Narasumber: Debbyviolita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar